ucapan slmat dtang

Rabu, 02 Maret 2011

LAPORAN HASIL PENELITIAN


Laporan Hasil Presentasi
Materi Laporan Hasil Penelitian


Disusun oleh :
Kelompok 3
1.     Atika Desyderia        (04)
2.     Bayu Fajar Santoso  (06)
3.     Febriani Wulan S.     (09)
4.     Gina Ari Karini                  (10)
5.     Slamet                       (27)
KELAS XI IPA 1



SMA NEGERI  3 SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2010/2011





Laporan Hasil  Presentasi
Dengan  Materi  Laporan  Hasil  Penelitian

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             : XI IPA 1 / 2
Alokasi Waktu               : 2 x 45 Menit

     I.          Standar kompetensi :
Berbicara   : 10        Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau
 seminar      

II.            Kompetensi dasar :
10.1  Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar

III.            Tujuan pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran diharapakan siswa dapat :
1)      mengerti apa yang dimaksud dengan penelitian
2)      memahami menyebutkan macam – macam penelitian
3)      memahami sistematika penulisan laporan penelitian
4)      meyusun sebuah laporan penelitian
5)      mengerti manfaat penulisan laporan penelitian

IV.            Materi pokok
1.      Pengertian penelitian
2.      Macam – macam penelitian
3.      Langkah – langkah penelitian
4.      Sistematika laporan hasil penelitian
5.      Manfaat laporan hasil penelitian






   V.            Langkah – langkah pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
1
Pendahuluan  (eksplorasi)
Kesiapan siswa dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas). Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
5 menit
2
Inti (elaborasi)
Penjelasan tentang pengertian penelitian, macam – macam penelitian, sistematika penulisan laporan penelitian dan manfaat laporan penelitian.
60 menit
3
Penutup
·         Siawa dan guru melakukan refleksi dan memberikan kesimpulan
·         Melaksanakan evaluasi
25 menit

Uraian Materi
Ø  Pengertian Penelitian
Penelitian didefinisikan sebagai: “Suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, dan usaha-usaha itu dilakukan dengan metode ilmiah” (Sutrisno Hadi, 2001).


Ø  Macam – macam penelitian
a)      Penelitian diskriptif
Penelitian diskriptif yaitu suatu kegiatan mengamati, mengumpulkan, menganalisis data dan menyimpulkan data secara objektif.
b)      Penelitian eksperimental
Penelitian eksperimen yaitu suatu kegiatan yang berusaha memberi perlakuan atas objek yang dikaji.


Ø  Hal – hal yang perlu dilakukan peneliti pada tahap perencanaan antara lain :
a.       Menentukan tema
b.      Menentukan tujuan
c.       Menentukan metode
d.      Menentukan instrumen pengumpulan data


Ø  Langkah-langkah penelitian (suryabrata, 1989)

1.         Identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah penelitian
2.         Penelaahan kepustakaan
3.         Perumusan hipotesis 
4.         Identifikasi, klasifikasi dan pendefinisian variabel
5.         Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data



6.         Penyusunan rancangan penelitian
7.         Penentuan sampel
8.         Pengumpulan data
9.         Pengolahan dan analisis data
10.     Interpretasi hasil analisis
11.     Penyusunan laporan


Ø  Sistematika penulisan laporan
1.      Judul
Judul mengidentifikasi subyek laporan hasil penelitian
2.      Ringkasan Ekskutif (abstrak)
3.      Daftar Isi
4.      Pendahuluan
5.      Isi Laporan yang mencakup:
a. Metodologi
b. Hasil Penelitian
c. Batasan-Batasan
6.      Kesimpulan dan Saran
7.      Apendiks yang mencakup:
a. Instrumen Koleksi Data
b. Tabel-Tabel
c. Bahan-Bahan Pendukung yang Cocok Lainnya



Secara lebih detail dapat diterangkan sebagai berikut:

! Ringkasan Eksekutif berisi ringkasan hasil laporan secara keseluruhan biasanya membicarakan hasil temuan penelitian, metode yang digunakan serta kesimpulannya

! Daftar Isi berisi tentang judul-judul dan sub-judulnya pokok-pokok bahasan seluruh isi laporan hasil penelitian

! Pendahuluan berisi tentang informasi latar belakang yang dibutuhkan oleh pembaca agar dapat memahami isi hasil penelitian. Dalam bagian ini diterangkan tujuan penelitian dan informasi tambahan lainnya yang akan menuntun pembaca untuk dapat memahami isi hasil penelitian

! Isi menguraikan tentang detil-detil pokok penelitian mencakup
1) metodologi apa yang digunakan dalam melakukan penelitian tersebut
2) hasil penelitian sebenarnya
3) pernyataan adanya keterbatasan yang ada dalam penelitian tersebut





! Metodologi terutama mendiskusikan tentang metode dan prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisa data. Pada bagian metodologi ini peneliti harus menguraikan semua hal yang berkaitan dengan penggunaan metode dan prosedur pengumpulan dan analisa data secara detil sehingga pembaca dapat melihat kualitas hasil penelitian tersebut melalui cara-cara peneliti menggunakan metode dan prosedur dalam melakukan kegiatan penelitian tersebut.

Pada bagian hasil penelitian peneliti harus dapat secara jelas menggambarkan temuan-temuan pokok penelitian yang dipaparkan secara logis dan mudah dipahami oleh pembaca misalnya dengan menggunakan bantuan grafik, table atau gambar.
Pada bagian batasan hasil penelitian peneliti menuliskan pernyataan mengenai batasan-batasan studi, yang biasanya menguraikan secara eksplisit bahwa peneliti ingin mendapatkan hasil penelitian yang sempurna, tetapi pada kenyataannya tujuan tersebut tidak akan pernah tercapai. Oleh karena itu, peneliti menyampaikan kelemahan-kelemahan hasil penelitiannya kepada para pembacanya agar mereka menyadari adanya kelemahan-kelemahan dalam studi tersebut.

! Kesimpulan dan Saran pada bagian ini peneliti harus mampu menggambarkan rasional atau alasan ilmiah dari mana kesimpulan itu dihasilkan. Langkah-langkah dalam menyusun kesimpulan harus diterangkan tahapannya secara detil sehingga pembaca dapat mengetahui dari mana asal kesimpulannya; sehingga peneliti memberikan saran-saran sebagaimana yang ditulisnya.

! Apendiks berisi semua informasi dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan penelitian tersebut, misalnya instrumen untuk mengumpulkan data, table-table penghitungan komputer dan bahan-bahan lain yang sesuai dan digunakan dalam penelitian tersebut.

Ø  Manfaat penulisan laporan penelitian

Laporan penelitian dapat bermanfaat sebagai :
a.       Sumber informasi
b.      Sebagai bahan ajar
c.       Bukti bahwa peneliti telah menemukan sesuatu
d.      Untuk menunjukkan hasil temuannya agar dikenal oleh banyak pihak (ilmuwan, pemerintah serta masyarakat).






VI.            Alat dan sumber bahan

Ø  Contoh hasil penelitian



VII.            Alat Evaluasi

1.      Jenis                : Ulangan
2.      Bentuk soal     :   Pilihan ganda       (8 soal)
    Uraian                   (3 soal)


Butir Soal :
A.    Pilihan ganda
Berilah tanda (X) pada huruf A,B,C,D atau E pada jawaban yang paling tepat !

1.      Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematik untuk mengkaji suatu masalah ilmu pengetahuan. Penelitian bisa berupa deskripsi maupun eksperimental. Penelitian eksperimental adalah . . .
A.    Penelitian yang berupa kegiatan mengamati, mengumpulkan, menganalisis, dan mengumpulkan data secara objektif
B.     Penelitian yang berusaha memberi perlakuan atas objek yang dikaji
C.     Penelitian yang bersifat mempengaruhi orang lain terhadap objek yang dikaji
D.    Penelitian yang bersifat menjelaskan objek secara cermat
E.     Penelitian yang bersifat menguraikan keadaan objek secara objektif

2.      Laporan hasil penelitian harus memenuhi syarat – syarat sebagai berikut, kecuali . . .
A.    Jelas, tidak berbelit-belit
B.     Bernalar
C.     Faktual



D.    Subjektif
E.     Lengkap

3.      Yang tidak perlu dicantumkan pada halaman judul laporan hasil penelitian adalah . . .
A.    Judul
B.     Tujuan penelitian
C.     Identitas penyusun
D.    Alamat penyusun
E.     Nama lengkap atau instansi

4.      Perhatikan contoh laporan berikut !
Sifat yang berharga adalah pengabdian dirinya yang menyeluruh. Selama dua tahun bekerja, ia tidak pernah membiarkan pekerjaannya menumpuk. Justru ia lebih suka menambah waktu kerja pada akhir minggu daripada pekerjaan tertunda. Dan minggu baru selalu dimulai dengan meja yang bersih.
Sebagian besar pekerjaan Sabrina adalah mengetik. Pekerjaan ini diselesaikan dengan cermat dan efisien. Namun, jika menyusun memo atau lainnya, ia kurang mahir. Dalam hal ini, hasil pekerjaannya perlu diperiksa.
Tanggapan yang objektif terhadap laporan itu adalah . . . 
A.    Pelapor terlalu memuji Sabrina
B.     Laporan itu hanya menunjukkan kelebihan Sabrina
C.     Disamping kekurangan yang ada, Sabrina adalah karyawati yang baik
D.    Sabrina adalah karyawati yang perlu dilaporkan kelebihannya
E.     Gaya laporan semacam itu dapat merusak citra Sabrina

5.      Sebuah laporan penelitian hendaknya ditulis dengan memperhatikan hal – hal berikut, kecuali . . .
A.    Kata-kata yang disampaikan harus jelas
B.     Makna yang dikemukakan harus tepat
C.     Bahasanya bersifat konotatif
D.    Gunakanlah kata-kata yang lugas, apa adanya
E.     Laporan yang disampaikan mengikuti kaidah penulisan ilmiah




6.      Unsur – unsur pokok hasil laporan penelitian adalah sebagai berikut, kecuali . . .
A.    Kata pengantar
B.     Pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan, dan kegunaan penelitian
C.     Proses atau langkah – langkah penelitian
D.    Temuan – temuan penting
E.     Kesimpulan

7.      Hasil penelitian yang kita laporkan sebaiknya perlu dilengkapi hal – hal berikut ini, kecuali . . .
A.    Grafik, table atau gambar
B.     Media yang berupa kertas karton
C.     Media yang berupa overhead proyektor (OHP) atau VCD
D.    Data yang akurat
E.     Pertanyan – pertanyan yang berhubungan dengan penelitian

8.      Yang dimaksud dengan penelitian deskriptif adalah . . .
A.    Penelitian yang berupa kegiatan mengamati, mengumpulkan, menganalisis, dan mengumpulkan data secara objektif
B.     Penelitian yang berusaha memberi perlakuan atas objek yang dikaji
C.     Penelitian yang bersifat mempengaruhi orang lain terhadap objek yang dikaji
D.    Penelitian yang bersifat menjelaskan objek secara cermat
E.     Penelitian yang bersifat menguraikan keadaan objek secara objektif

B.     Uraian
Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.      Penelitian dibedakan menjadi dua macam. Sebutkan dan berilah penjelasan !
2.      Sebutkan hal – hal yang perlu dilakukan peneliti pada tahap perencanaan !
3.      Buatlah sistematika laporan hasil penelitian !






Kunci jawaban
A.    Plihan ganda

1.      B              5. C                
2.      D              6. A
3.      B              7. E
4.      C              8. A

B.     Uraian

1.      Penelitian dibedakan mejadi dua yaitu :
a.       Penelitian deskriptif
Penelitian deskriptif adalah suatu kegiatan mengamati, mengumpulkan, menganalisis data dan menyimpulkan data secara objektif.
b.      Penelitian eksperimental
Penelitian eksperimetal adalah suatu kegiatan yang berusaha memberi perlakuan atas objek yang dikaji.


2.      Hal – hal yang perlu dilakukan peneliti pada tahap perencanaan antara lain :
a.       Menentukan tema
b.      Menentukan tujuan
c.       Menentukan metode
d.      Menentukan instrumen pengumpulan data



3.      Sistematika laporan hasil penelitian :
a.       Judul
b.      Ringkasan Ekskutif (abstrak)
c.       Daftar Isi
d.      Pendahuluan
e.       Isi Laporan yang mencakup:
·           Metodologi
·           Hasil Penelitian
·           Batasan-Batasan
f.       Kesimpulan dan Saran
g.      Apendiks yang mencakup:
·         Instrumen Koleksi Data
·         Tabel-Tabel
·         Bahan-Bahan Pendukung yang cocok Lainnya






Kriteria Penilaian

A.     Pilihan ganda
Setiap nomer yang benar memperoleh skor 1
Jadi bila benar semua memperoleh skor 4
B.     Uraian
Nomor 1 jawaban benar dan lengkap memperoleh skor 5
Nomor 2 jawaban benar dan lengkap memperoleh skor 5
Nomor 3 jawaban benar dan lengkap memperoleh skor 6

Nilai akhir = Σ skor x 5




Tidak ada komentar:

Posting Komentar